Selasa, 26 Oktober 2010

Ada Apa Dengan Cinta (2005)


Dunia perfilman Indonesia mengalami kondisi vakum sejak awal tahun 1990-an. Salah satu film yang membangkitkan geliat sinema layar lebar adalah "Ada Apa dengan Cinta?" (AADC) yang diluncurkan pada tahun 2005. AADC disutradari oleh Rudi Soedjarwo, diproduseri oleh Mira Lesmana dan Riri Riza, yang sebelumnya menggebrak dengan film Petualangan Sherina (2000).
Film ini dibintangi oleh sejumlah aktor dan aktris muda berbakat, seperti Nicholas Saputra (Rangga) dan Dian Sastrowardoyo (Cinta), serta didukung oleh Titi Kamal, Denis Adhiswara, Ladya Cheryl, dan lain-lain. Bintang-bintang tersebut berakting natural tetapi maksimal, sehingga mampu menyelami karakter masing-masing. Berkat film ini, Dian Sastrowardoyo meraih Piala Citra untuk kategori Aktris Terbaik.
Idola Remaja
Cerita film ini sungguh mengena di hati para penonton, terutama kalangan remaja. Meskipun topiknya biasa, yaitu mengenai kisah cinta dan persahabatan di kalangan anak sekolah menengah, kemasannya berbeda dari cerita-cerita sinetron.
Tokoh Cinta, yang diperankan Dian Sastrowardoyo digambarkan sebagai gadis populer di sekolahnya. Ia adalah langganan juara lomba puisi tahunan di sekolah, sekaligus bergabung dalam tim redaksi majalah dinding. Suatu waktu, posisi Cinta ternyata digeser oleh Rangga, murid pendiam yang tidak populer, tetapi ternyata jago membuat puisi.
Cinta yang penasaran dengan sosok Rangga kemudian berusaha mewawancarainya untuk artikel majalah dinding sekolah, tetapi Rangga menghindar dengan segala cara. Cinta kemudian mengetahui cara untuk mendekati Rangga, yaitu melalui buku kegemaran Rangga.
Seiring berjalannya waktu, benih-benih cinta muncul di antara keduanya. Sayang, ada halangan dari seorang teman laki-laki yang menyukai Cinta, yang bernama Borne. Rangga dipukuli habis-habisan oleh Borne dan kawan-kawannya.
Hubungan Rangga dan Cinta berlanjut, meskipun Cinta menyembunyikan hal tersebut dari sahabat-sahabat dekatnya. Situasi sulit terjadi ketika Cinta diam-diam kencan dengan Rangga, sementara salah satu sahabatnya, Alya (diperankan oleh Ladya Cheryl) tengah tertekan karena ulah ayahnya yang ringan tangan dan memutuskan untuk mengiris urat nadinya.
Cinta sempat dijauhi oleh teman-temannya sehingga ia pun memutuskan untuk menghindari Rangga. Tanpa sepengetahuan Cinta, Rangga bermaksud pindah ke Amerika Serikat bersama ayahnya. Ketika Rangga sudah siap berangkat di bandara, Cinta yang baru mengetahui kabar itu langsung berangkat menyusul ditemani sahabat-sahabatnya. Cinta akhirnya berhasil menemui Rangga sebelum ia naik pesawat dan membuat janji untuk bertemu lagi saat Rangga kembali.
Film ini dihiasi beberapa puisi indah yang “ditulis” oleh Rangga dan Cinta. Banyak remaja yang langsung menggandrungi penulisan puisi karena AADC. Selain itu, lagu-lagu soundtrack yang ditulis oleh pasangan Melly Goeslaw dan Anto Hoed pun sukses mencuri perharian dan memberi warna tersendiri pada adegan-adegan film.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar